Cara Membuat Website Toko Online Menggunakan WordPress

Membuat website toko online sendiri tidak sesulit yang dibayangkan, Mungkin Anda berpikir dalam membuat website harus paham coding dan hal-hal teknis. Dengan bantuan sebuah platform/CMS (Content Management System) seperti WordPress, Anda dapat membuat toko online hanya dengan hitungan menit.

Di artikel ini Anda tidak hanya belajar bagaimana cara membuat website toko online dengan wordpress, Tetapi Anda juga belajar mengembangkan dan optimasi online sehop yang telah Anda buat. 

Mengapa toko online penting untuk bisnis

Pengguna internet di Indonesia mencapai lebih dari 100 juta pengguna di tahun 2019. Hal tersebut menjadikan Indonesia menjadi negara yang masuk dalam 6 besar pengguna internet terbanyak.

Tahukah Anda jika dari 96% pengguna internet di Indonesia pernah menggunakan e-commerce? Global Web Index mencatat Indonesia memiliki tingkat pengguna e-commerce tertinggi di dunia.

Membuat Website Toko Online

Data disadur dari katadata.co.id

Berdasarkan data yang ada, Anda dapat menciptakan peluang mengembangkan bisnis lebih baik dengan memulai membuat toko online sendiri. Membuat online shop sendiri sangat mudah, Anda tidak perlu mengeluarkan banyak biaya hanya untuk membuat online shop sederhana.

Tertarik untuk membuat website toko online? Yuk ikuti cara membuat ecommerce sendiri dengan mudah menggunakan wordpress. Anda juga bisa menggunakan Jasa Pembuatan Website Toko Online Kami, Jika Anda merasa kesulitas.

Langkah membuat website toko online dengan WordPress

Bagaimana cara membuat website toko online dengan wordpress? Tutorial ini akan membantu Anda dalam membuat website online shop Anda sendiri tanpa harus paham coding. Yuk simak tutorialnya! 

1. Beli Hosting dan Domain

Langkah pertama yang harus Anda lakukan yaitu memesan hosting dan domain. Hosting dan Domain menjadi dasar website Anda berdiri nantinya. Pada tutorial ini kami melakukan pemesanan melalui layanan hosting Niagahoster. Jika Anda sudah memiliki layanan hosting dan domain, Anda dapat menuju pada langkah berikutnya.

  1. Untuk memesan layanan hosting dan domain, Anda bisa mengunjungi link berikut Beli Hosting Murah atau .
  2. Niagahoster Memiliki empat paket layanan hosting yang dapat Anda gunakan, Silahkan memilih paket sesuai dengan kebutuhan online shop Anda dengan menekan tombol Pilih Sekarang
  1. Kemudian tentukan durasi dari pembelian paket hosting Anda, Jika Sudah Anda dapat menuju ke langkah memilih domain.
  1. Cek terlebih dahulu ketersedian domain untuk menuju langkah selanjutnya.
  1. Setelah domain yang Anda pilih telah tersedia, Anda bisa klik Checkout pada bagian bawah. Selanjutnya Anda akan diarahkan menuju laman Review Order. Halaman ini memberikan informasi layanan yang Anda pesan dan jumlah yang harus Anda bayarkan.
  1. Jika tidak ada masalah tentang layanan Anda pesan, Anda Dapat klik CheckOut Sekarang.
  2. Langkah selanjutnya, Jika Anda pengguna baru maka Anda perlu mendaftarkan Akun terlebih dahulu. Jika Sudah memiliki Akun, Anda cukup login menggunakan Akun yang sudah terdaftar.
  1. Untuk pengguna baru, Anda diharuskan melengkapi informasi terlebih dahulu. Pastikan Anda mengisi data dan informasi dengan tepat pada form yang telah tersedia.
  1. Setelah Anda mengisi informasi secara lengkap pada Form, Langkah selanjutnya yaitu menentukan metode pembayaran. Banyak sekali metode pembayaran yang tersedia seperti Bank Transfer, OVO, Indomaret/Alfamart, Dll.
  1. Setelah Anda memilih metode pembayaran yang digunakan, Klik Checkout untuk mendapatkan informasi mengenai cara pembayaran. Nah tutorial kali ini menggunakan metode pembayaran Transfer Bank BCA Virtual Account.
  2. Setelah itu, Anda akan diarahkan menuju halaman mengenai tagihan Anda dan informasi mengenai cara pembayaran. Pastikan untuk melakukan pembayaran sesuai dengan nominal yang berada pada invoice.
  1. Setelah melakukan pembayaran, Anda dapat melakukan konfirmasi pembayaran dengan melakukan klik pada menu Konfirmasi pembayaran.
  2. Setelah pembayaran telah terkonfirmasi, Maka detail login ke cPanel akan dikirimkan ke email Anda. Silahkan ditunggu beberapa saat sampai Anda mendapatkan detail login tersebut.

2. Instalasi Website Toko Online

1. Instalasi WordPress

Pertama Anda login ke dashboard CPanel Anda, Setelah Login cari Softaculous Apps Installer. Setelah itu pilih wordpress, Nantinya Anda akan diarahkan ke halaman instalasi wordpress.

Kemudian Pilih Install Now untuk melakukan instalasi wordpress, Setelah mengklik button install Anda akan menuju halaman yang digunakan untuk mengisi data wordpress Anda.

Setelah Anda klik Install Now, Anda akan diarahkan menuju pengaturan website wordpress Anda.

●  Pada Bagian Nomor 01, Pilih domain yang nantinya akan digunakan untuk online shop, Jangan lupa pilih yang HTTPS untuk website Anda.

●  Pada Bagian Nomor 02, Isi sesuai dengan nama toko/brand dan tulislah deskripsi tentang online shop Anda.

●  Pada Bagian Nomor 03, Adalah data login ke website Anda nantinya. Pastikan gunakan password yang rumit dan jangan Anda berikan data login Anda ke sembarang orang.

Proses instalasi wordpress selesai, Anda bisa melakukan klik pada url tersebut untuk menuju website atau menuju dashboard website Anda.

Proses Instalasi WordPress Telah Berhasil

Setelah berhasil,  Anda bisa langsung masuk dashboard wordpress Anda, Berikut merupakan tampilan dashboard wordpress, Tempat dimana Anda akan mengelola Website toko online yang sudah Anda buat.

Setelah Anda menginstall wordpress saatnya masuk ke tutorial berikutnya yaitu Instalasi theme.

2. Instalasi Theme

Theme pada berfungsi untuk menambah fungsional dari segi tampilan atau layout Saat membuat website toko online Anda, Sehingga tampilan lebih menarik lagi. Berikut cara mengelola theme saat membuat website online shop sendiri.

Pertama masuk ke dashboard wordpress Anda, Setelah masuk pilih menu WordPress -> Tampilan  -> Tema

Anda akan menuju ke halaman yang berisi berbagai theme yang sudah terinstall di website Anda. Jika Anda ingin menambahkan tema baru, Anda bisa klik Tambahkan baru pada bagian atas.

Anda akan menemukan banyak sekali tema wordpress yang bisa digunakan, Jika Anda sudah mempunyai Theme ecommerce maka anda tinggal mengunggahnya.

Karena terlalu banyak tema yang tersedia di wordpress, Anda bisa memanfaatkan fitur penyaring, fitur ini berfungsi untuk mendapatkan tema yang tepat saat membuat toko online sendiri.

Dalam fitur penyaringan tersebut, Kita mengambil 3 kategori, Yaitu : Toko Online, Menunjang Aksesibilitas, dan Satu Kolom. Anda bebas melakukan penyaringan dengan kategori apapun.

Jika sudah menemukan Anda tinggal install tema wordpress tersebut hingga selesai. Setelah selesai Klik Aktifkan.

Setelah Anda melakukan instalasi pada theme untuk toko online Anda, Saatnya untuk menuju langkah selanjutnya dalam cara membuat website online shop dengan wordpress. Tutorial selanjutnya yaitu instalasi plugin untuk online shop.

3. Instalasi Plugin

Plugin merupakan sebuah script tambahan yang dirancang untuk melakukan fungsi tertentu di WordPress Anda. Plugin yang  wajib di install saat membangun website toko online yaitu WooCommerce, Berikut cara install plugin untuk membuat website toko online. 

Pertama Pilih Menu WordPress  -> Plugin -> Tambah Baru , Anda akan menuju ke laman Tambah Plugin.

Pada laman tambah plugin cari “WooCommerce”  pada kolom pencarian. Lalu Install plugin tersebut.

Untuk melihat plugin yang telah terinstall, Pilih Menu WordPress -> Plugin -> Plugin Terpasang.

 Anda akan melihat apa saja plugin yang terpasang di website wordpress Anda.

Beberapa plugin yang sudah terinstall

Setelah Anda selesai menginstall Plugin WooCommerce untuk website online shop Anda, Sekarang Menuju tutorial cara membuat website toko online sendiri selanjutnya yaitu melakukan pengaturan pada website.

3. Melakukan Pengaturan pada Website Toko Online

1. Setting Plugin WooCommerce

Untuk Setting Plugin WooCommerce yang nantinya digunakan untuk mengelola toko online yang sudah Anda buat Nantinya. Anda tinggal pilih “Run The Setup Wizard” pada bagian atas dashboard wordpress Anda. Atau Bisa menuju Halaman Plugin Dashboard WordPress Anda.

Setelah Anda klik, Anda akan diarahkan menuju setup Wizard plugin WooCommerce, Yang nantinya setup ini akan menentukan pengaturan toko online yang Anda buat nantinya.

Setelah selesai menentukan informasi lokasi toko Anda, Anda bisa menuju Pengaturan selanjutnya. Langkah selanjutnya Anda akan disuruh untuk menentukan jenis online shop Anda. Pilih sesuai dengan kategori toko online Anda.

Setelah anda menentukan jenis industri toko online Anda, Klik Lanjutkan untuk menuju langkah berikutnya. Selanjutnya Anda disuruh menentukan jenis produk yang Anda jual, Apakah produk tersebut berupa produk fisik atau produk virtual.

Di langkah selanjutnya Anda akan melakukan pengaturan detail bisnis toko online Anda. Pilih sesuai dengan kondisi online shop Anda.

Setelah menjabarkan bisnis Anda, Anda bisa menuju bagian bawah yang merupakan pengaturan tentang bagaimana Anda menjual produk di Toko Online Anda. Pilih sesuai strategi dan market yang Anda gunakan untuk menjual produk.

Setelah selesai menentukan pengaturan mengenai detail bisnis dan market yang digunakan, Anda bisa menuju langkah berikutnya. Langkah selanjutnya yaitu mengatur Theme toko online. Karena Anda sebelumnya sudah mengatur theme toko online , Maka Anda bisa skip langkah ini, Namun Anda bisa memilih theme sesuai dengan yang direkomendasikan oleh WooCommerce.

Setelah Selesai, Anda Bisa menuju ke Pengaturan Plugin WooCommerce Selanjutnya. Caranya klik WooCommerce pada menu Dashboard WordPress Anda. Nantinya Anda akan diperlihatkan apa saja yang harus di setting untuk Toko Online Anda.

Anda cukup melengkapi apa saja yang dibutuhkan pada toko Online anda, Seperti upload produk, mengatur homepage toko online anda, menentukan pengiriman produk hingga metode pembayaran yang digunakan.

Setelah Anda melengkapi pengaturan Toko Online Anda, Saatnya yang cukup penting dalam Cara membuat website toko online yaitu Upload Produk ke toko. Yuk ikuti langkah selanjutnya!

2. Upload Produk Ke Toko Online

Jika sebelumnya Anda sudah melakukan setting plugin WooCommerce, Saat ini Anda akan belajar tentang bagaimana cara upload produk ke toko online yang sudah anda buat.

Pertama, Pilih Menu WordPress -> WooCommerce – > Add New, Anda akan diarahkan menuju ke halaman untuk membuat postingan produk.

Anda tinggal mengisi tersebut sesuai produk yang Anda jual, Mulai dari judul, deskripsi produk, harga, dll.

 

Setting Produk Toko Online
Setting Produk Toko Online

Penjelasan 

  1. Nomor 01, Pada bagian ini merupakan judul dari produk Anda. Anda bebas menentukan judul yang sesuai dengan produk.
  2. Nomor 02, Pada bagian ini Anda menentukan url/link produk Anda.
  3. Nomor 03, Pada bagian ini Anda mendeskripsikan produk, Deskripsikan yang terbaik dan sesuai dengan produk. Pastikan deskripsi produk Anda membuat orang tertarik.
  4. Nomor 04, Pada bagian ini Anda mengatur tentang produk Anda, Mulai dari harga, informasi produk (berat, ukuran, dll), Shipping, dll.
  5. Nomor 05, Pada bagian ini tuliskan secara singkat tentang deskripsi produk Anda.

Setelah Anda mengisi informasi tentang produk Anda, Jangan Lupa untuk memberikan kategori dan featured image pada bagian side atau samping kanan laman Add Produk.

Pengaturan produk toko online
Pengaturan produk toko online

Penjelasan :

  1. Nomor 01, Bagian ini adalah kategori produk Anda. Anda tentukan kategori untuk setiap produk Anda. Kategori sangat membantu dalam mengelompokkan produk Anda. Anda dapat menambahkan kategori baru dengan klik Add new Kategori.
  2. Nomor 02, Bagian ini adalah tag yang akan Anda gunakan, Misal Anda gunakan tag Baju Wanita, Outer Wear, dll. Anda bebas menentukan tag pada produk Anda.
  3. Nomor 03, Bagian ini merupakan gambar utama dari produk Anda. Pastikan gambar/foto yang digunakan pada gambar utama merupakan yang terbaik.
  4. Nomor 04, Bagian ini adalah untuk gambar pendukung dari gambar utama. Tambahkan beberapa gambar pendukung untuk produk Anda.

Jika selesai Anda bisa publish produk, Cukup klik pada bagian atas sebelah kanan untuk melakukan publish produk.

Katalog Toko Online
Hasil Produk Yang DiUpload

Gambar tersebut merupakan hasil dari postingan yang dibuat tadi, Mulai dari judul, deskripsi, harga dan gambar produk tampil pada postingan toko online Anda.

Untuk melihat keseluruhan produk yang sudah Anda upload, Secara default Anda bisa melihatnya dengan mengetikkan nama domain kamu ditambah dengan /shop. Sebagai contoh, www.mavidshop.com/shop, Nah URL tersebut akan menampilkan semua listing produk yang sudah Anda upload sebelumnya. 

Tips mengembangkan Website toko online

Setelah Anda Selesai membuat toko online Anda, Langkah selanjutnya yaitu mengembangkan online shop yang sudah anda bangun. Dalam mengembangkan online shop,  Anda perlu menambahkan beberapa fitur yang mendukung online shop Anda, seperti menambahkan halaman kontak atau halaman cara melakukan pemesanan.

Selain itu, Anda dapat melakukan custom tampilan yang sebelumnya default menjadi lebih baik dengan memanfaatkan page builder. Supaya produk Anda dapat dengan mudah masuk daftar index mesin pencari, Anda harus mulai belajar SEO dan mendaftarkan Website toko Online Anda pada Google Webmaster atau Search Console dan Bing Webmaster.

Setelah Anda memahami Langkah-langkah dan cara membuat website toko online sendiri dengan wordpress, Yuk langsung terapkan langkah-langkah di atas dan mulai membuat online shop Anda sendiri.

Tinggalkan komentar